Tentang Musami
Sejarah Berdirinya SMP Muhammadiyah 1 Minggir
SMP Muhammadiyah 1 Minggir berdiri tanggal 1 Agustus 1948, tiga tahun setelah Indonesia Merdeka. Dahulu bernama SMP Islam. Kemudian pada tahun 1956/1957 sekolah ini berubah menjadi SMP Muhammadiyah Gedongan dan pada tahun 1998 berubah menjadi SMP Muhammadiyah 1 Minggir. Sekolah ini didirikan oleh tokoh-tokoh Muhammadiyah yang berada di Cabang Minggir, Cabang Moyudan dan Cabang Godean. Salah satu tokoh pendiri diantaranya adalah Bapak H. Suyudi.
SMP Muhammadiyah 1 Minggir dahulu bernama SMP Muhammadiyah 1 Gedongan, pada tahun 1998 berubah menjadi SMP Muhammadiyah 1 Minggir karena lokasi gedung berada di Kecamatan Minggir. Lokasi sekolah tepatnya berada di Jalan Godean Km 20 di Dusun Gedongan, Sendangarum, Minggir, Sleman, Yogyakarta. Sejak tahun 1948 sampai dengan tahun 2017/2018 telah mengalami berbagai perubahan perkembangan dan pergantian Kepala Sekolah.
Pada tahun 1984 ditetapkan sebagai SMP Muhammadiyah Teladan oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah dengan nomor: 001/SK-MPPK/ST/1984 tanggal 27 Februari 1984. Predikat yang diberikan ini sampai hari ini tetap dipertahankan. Kepala-Kepala sekolah yang telah dan sedang menjabat adalah sbb:
DAFTAR KEPALA SEKOLAH
NOMOR
|
NAMA
|
TAHUN MENJABAT
|
KETERANGAN
|
1
|
Djaproghin Wibowo
|
1948 - 1991
|
KS YAYASAN
|
2
|
Drs. Mukijo Azis Sudarto
|
1991 - 1995
|
KS DEFINITIF
|
3
|
Tugiman, B.A.
|
1995 - 1998
|
PLH. KEPALA SEKOLAH
|
4
|
Mursih Haryana, B.A.
|
1998 - 2005
|
KS DEFINITIF
|
5
|
Suparyanto, S.Pd.
|
2005 - 2009
|
KS DEFINITIF, periode 1
|
6
|
Suparyanto, S.Pd.
|
2009 - 2013
|
KS DEFINITIF, periode 2
|
7
|
Suparyanto, S.Pd.
|
2013 - 2017
|
KS DEFINITIF, periode 3
|
8
|
Suparyanto, S.Pd.
|
2017 - sekarang
|
KS DEFINITIF, periode 4
|
Tujuan Penyelenggaraan Pendidikan
Tujuan Khusus
1. Menumbuh-kembangkan akidah Islam melalui pemberian, pemupukan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, pembiasaan, serta pengalaman peserta didik tentang Al Islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya kepada Allah swt, sesuai Al Quran dan Ass-Sunnah;
2. Mewujudkan manusia Indonesia yang kuat beragama dan berakhlakul karimah, yaitu manusia yang berpengetahuan, rajin beribadah, cerdas, produktif, kreatif, inovatif, jujur, adil, etis, berdisiplin, bertoleransi (tasamuh), menjaga keharmonisan secara personal dan social serta mengembangkan budaya Islami dalam komuniktas sekolah sesuai Al Quran dan As-Sunnah;
3. Menanam, menumbuhkan dan meningkatkan kesadaran peserta didik untuk mengamalkan ajaran Islam serta mendakwahkannya secara beroragnisasi sesuai dengan petunjuk Al Quran dan As-Sunnah serta menanamkan rasa tanggung jawab peserta didik melalui pemahaman
gerakan, organisasi Muhammadiyah yang merupakan pelopor, pelangsung, penerus dan penyempurna amal usaha Muhammadiyah;
4. Menumbuhkan kecintaan dan kemampuan dasar berbahasa Arab peserta didik meliputi kemampuan mendengar, menyimak, membaca, dan menulis untuk memahami sumber-sumber ajaran Islam dan mengamalkannya, serta melanjutkan pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
Tujuan Umum
1. Pencapaian Standar Kompetensi Lulusan
Meningkatnya standar kelulusan dengan nilai semua mata pelajaran kategori A, pencapaian ketuntasan kompetensi tiap tahun atau semester, kejuaraan lomba bidang akademik dan non akademik
2. Pencapaian Standar Isi
Menghasilkan kurikulum satuan pendidikan dengan berbagai jenis muatan kurikulum sesuai ketentuan standar nasional pendidikan
3. Pencapaian Standar Proses
Terlaksananya proses pembelajaran yang efektif, efisien, interaktif, inspiratif, kreatif, dan memberikan ruang bagi kreativitas dan kemandirian peserta didik.
4. Pencapaian Standar Sarana dan Prasarana Pendidikan
Tersedianya sarana dan prasarana pendidikan baik secara kualitas maupun kuantitas yang memadai serta memiliki asrama khusus siswa kelas IX.
5. Pencapaian Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan
Meningkatnya kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan sesuai Standar Nasional Pendidikan (SNP) dan memiliki sertifikat prefesionalisme 50 % dari guru yang ada.
6. Pencapaian Standar Pengelolaan Pendidikan
Tercapainya efisiensi dan efektivitas dalam penyelenggaraan pendidikan yang menerapkan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS)
7. Pencapaian Standar Pembiayaan Pendidikan
Tercapainya biaya operasional pendidikan yang sesuai SNP secara teratur dan berkelanjutan
8. Pencapaian Standar Penilaian Pendidikan
Terlaksananya proses penilaian sesuai dengan prosedur, mekanisme, dan instrumen penilaian yang sesuai dengan SNP