Kegiatan MPLS/FORTASI SMP Muhammadiyah 1 Minggir Tahun Pelajaran 2022/2023

MPLS atau yang di Lingkungan sekolah Persyarikatan Muhammadiyah dikenal dengan nama FORTASI, Forum Taaruf Siswa, adalah kegiatan pertama masuk sekolah untuk pengenalan program, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan awal kultur sekolah.

SMP Muhammadiyah 1 Minggir melaksanakan kegiatan ini pada 13, 14 dan 15 Juli 2022 di lingkungan sekolah serta ditutup dengan kunjungan museum pada 19 Juli 2022.

Tujuan MPLS sesuai Permendikbud No. 18/2016 adalah sebagai berikut.

Mengenali potensi diri siswa baru, membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, antara lain terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah, menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif sebagai siswa baru, mengembangkan interaksi positif antar siswa dan warga sekolah lainnya, menumbuhkan perilaku positif antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisiplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong. (Humas Musami)