Kewirausahaan "Memajukan Kuliner Daerah"

Assalamualaikum wr wb

Tahun Pelajaran 2023/2024 adalah tahun kedua SMP Muhammadiyah 1 Minggir melaksanakan Kurikulum Merdeka.
Tema Kewirausahaan untuk kelas 7 sudah dan sedang dilaksanakan mulai dari tahap persiapan sampai puncaknya tanggal 3 November 2023, yaitu Gelar Karya P5 bersama Tema Suara Demokrasi.
Projek kali ini berbeda dari projek sebelumnya yang sebelumnya dilaksanakan pada pekan terakhir setiap bulannya tapi kali ini projek dilaksanakan selama dua pekan berturut-turut. Hal ini dikarenakan agar terjadi kesinambungan antar aktivitas yang dilakukan oleh siswa dalam melaksanakan P5. Siswa diajarkan tidak hanya berjualan, namun sebelum melakukan perayaan belajar, siswa diajarkan terlebih dahulu bagaimana menjadi pengusaha yang mempunyai akhlak mulia, kreatif dan mandiri.

Tahapan yang dilalui oleh peserta didik dalam melaknakan kegiatan P5 tema Kewirausahaan adalah tahap Eksplorasi Konsep – Kontekstualisasi – Aksi Nyata – Refleksi dan Evaluasi. Pada tahap Eksplorasi konsep, siswa diajak untuk mengetahui lebih dalam pengetahuan tentang kewirausahaan, pelaku usaha sukses, menumbuhkan kreatifitas dan kerja tim. Tahap Kontekstualisasi mempunyai tujuan agar siswa mengalami langsung dan belajar dari proses kewirausahaan dari pelaku usaha di sekitar tempat tinggal mereka. Pada tahap kontekstualisasi, siswa mengunjungi tempat produksi dan usaha. Pada tahap Aksi Nyata, siswa mulai melakukan dan mempraktikkan ilmu yang telah mereka pelajari dengan membuat aneka olahan dari bahan lokal . Produk yang beragam dan tradisional daerah kami menjadikan pengalaman pelajar yang tidak akan terlupakan oleh mereka. Mereka belajar bagaimana mendesain logo, membuat kemasan, melakukan pemasaran sampai dengan melakukan promosi dari produk yang mereka jual.
Semoga pengalaman ini membekali para generasi muda untuk kehidupan yang lebih baik. (Humas Muh1Minggir)

Wassalamualaikum wr wb